Selasa, 11 Oktober 2011

Materi Sepak Bola Kelas xii


PERMAINAN BOLA BESAR
A.SEPAK BOLA
1.            Formasi Permainan Sepak Bola
                Sepak bola adalah permainan beregu, yang terdiri atas 11 orang. Permainan ini mengutamakan kerjasama antarpemain seregu untuk memenangkan pertandingan.
                Untuk menjalin kerjasam yang baik diperlukan pengertian antara satu pemain dengan pemain lainnya. Hal ini berlaku baik dalam situasi menyerang maupun dalam keadaan bertahan. Pengertian dan kerjasama ini juga disesuaikan dengan tugas dan fungsi posisi dari setiap pemain di lapangan. Pegaturan tugas serta fungsi setiap pemain pada umumnya terdapat dalam system permainan. Oleh karenanya, baik sebagai pemain maupun sebagai Pembina, harus memahami system-sistem utama yang dipakai dalam permaina sepak bola.
                Formasi (system) dalam permaina sepak bola adalah cara penempatan, ruang gerak serta pembagian tugas dari setiap pemain dengan posisi yang ditempatinya. Hal tersebut berlaku baik pada saat melakukan penyerangan maupun pada waktu melaksanakan pertahanan. Dengan system ini, setiap pemain telah mengetahui tugas utamanya, daerah atau ruang gerak masing-masing, memahami apa yang harus dilakuka pada saat menyerang, dan kemana harus bergerak, serta siapa yang harus dijaga kalau pihaknya kalah bola.
                Dengan formasi, maka pola penyerangan dan pertahanan akan terkoordinir, dan kerjasama akan lebih terarah. Setiap formasi mempunyai cirri-ciri tersendiri dan menuntut kualitas atau tingkat kemampuan pemain yang berbeda. Bahkan setiap posisi dalam system tertentu memerlukan kualitas pemain yang tidak sama. Sebagai contoh, pemain lapangan tengah (gelandang) dalam formasi 4-2-4 merupakan pemain yang lebih komplit kemampuannya dibandingkan dengan tuntutan pemain lapangan tengah dalam formasi WMatau formasi 4-3-3.
                Suatu tim sebelum menggunakan atau menerapkan suatu system tertentu, perlu terlebih dahulu mengkaji materi pemain yang dimiliki. Kualitas pemain yang ada harus sesuai dengan tuntutan system yang akan digunakan.
                Beberapa formasi permainan sepak bola yang sering digunakan, di antaranya: formasi 4-2-4, 4-3-3, 4-4-2, dan 1-3-3-3. Formasi tersebut akan dipaparkan satu-persatu sebagai berikut.
a.Formasi 4-2-4
                Formasi 4-2-4 lahir di Inggris dan kemudian berkembang luas. Formasi 4-2-4 mendapat penghormatan dari Negara Brasil, karena tim nasionalnya berhasil menjadi juara dunia dengan menerapkan formasi ini pada 1958. Formasi 4-2-4 digambarkan sebagai berikut.
1                     =  Penjaga gawang
2                     =  Back kanan
3                     =  Back kiri
4                     =  center back
5                     =  center back
6                     =  gelandang kanan
7                     =  Gelandang kiri
8                     =  Kanan luar
9                     =  Striker
10                 =  Striker
11                 =  Kiri luar
Cara melakukan formasi 4-2-4 adalah sebagai berikut.
1)Empat pemain belakang merupakan pertahanan yang kuat. Kedua pemain tengah (center back) bermain berdampingan satu sama lain secara diagonal. Salah satu di antara center back ini ikut bergerak maju saat tim sedang melakukan serangan.
2)Kedua back (kiri/kanan)mendapat bantuan penuh dari center back masing-masing, agar dapat lebih memusatkan perhatian pada penyerang sayap lawan. Dalam system ini, masing-masing back dapat membantu penyerangan, bergantung dari rusuk manan penyerangan itu dilakukan.
3)Kedua pemain lapangan tengah (gelandang) merupakan pemain yang paling sibuk, mereka harus menjelajah lapanga dengan radius yang luas. Kedua pemain ini bertugas membangun serangan, dan harus ikut dalam bertahan jika timnya mendapat serangan.
4)Keempat pemain penyerang mempunyai tugas utama menyerang. Kedua pemain sayap ikut dalam usaha membangun serangan, yang dimulai dari garis tengah lapangan. Kedua pemain sayap harus menyadari posisi mereka, yakni dengan berlari menuju garis gawang lawan.
5)Kedua pemain penyerang tengah yang merupakan dua ujung tombak penyerangan merupakan bahaya permanen bagi gawang lawan. Untuk membuyarkan pertahanan lawan, kedua penyerang tengah ini harus sering bertukar posisi dan mencoba untuk menyelesaikan gerakan awal yang dilakukan oleh pemain lain (terutama pemain sayapnya). Di samping itu, tugas lainya adalah untuk membuka “celah” bagi pemain-pemain yang dating menyerang dari lapangan tengah.
b.Formasi 4-3-3
                Formasi ini lebih fleksibel dan merupakan variasi formasi 4-2-4 dengan menarik salah satu pemain depan ke posisi gelandang. Pertahanan hamper sama dengan formasi 4-2-4 hanya perbedaannya pada formasi ini pertahanan mendapat dukungan yang lebih baik dari tiga pemain lapangan tengah, yang mengisi daerah depan area pertahanan. Dengan kombinasi ini, kedua pemain belakang (full back)dan pemain lapangan tengah dapat melakukan terobosan. Biasanya ketiga penyerang melakukan tekanan terhadap pertahanan lawan, dan harus memanfaatkan setiap kesempatan untuk mencetak gol. Pemain ini harus dapat membuka celah untuk pemain lainnya dengan jalan untuk menyibukkan pemain belakang lawan. Formasi 4-3-3 dapat digambarkan sebagai berikut.
1                     =  Penjaga gawang
2                     =  Back kanan
3                     =  Back kiri
4                     =  Poros haling/center back
5                     =  Poros haling/center back
6                     =  Gelandang kanan
7                     =  Gelandang tengah
8                     =  Gelandang kiri
9                     =  Kanan luar
10                 =  striker
11                 =  Kiri luar
Cara melakukan formasi 4-3-3 adalah sebagai berikut.
1)Dukungan pemain lapangan tengah menguntungkan bagi kestabilan pertahanan.
2)Pemain lapangan tengah dapat melakukan terobosan yang tiba-tiba kea rah pertahanan lawan.
3)Pemain gelandang tengah berperan sebagai “pengatur” dalam membangun permainan, mengatur penyerangan dan juga memperhatikan pertahanan.
4)Dari ketiga penyerang diperlukan seorang yang mengendalikan komando yang dapat melancarkan serangan, sehingga senantiasa membahayakan gawang lawan. Dia harus mampu menjalin kerjasama dan menyatukan sesame penyerang.
5)Pemain sayap dapat bergerak lebih bervariasi dari pada pemain sayap formasi 4-2-4.
6)Di samping gerakan perorangan seperti terobosan ke garis gawang lawan, cirri khusus formasi 4-3-3 adalah pertukaran posisi antar pemain yang banyak sekali dilakukan.
c.    Formasi 4-4-2
                Formasi ini secara otomatis memiliki kecendrungan dapat membuat barisan pertahanan lebih baik dan suatu penignkatan keseimbangan dilapangan tengah. Formasi 4-4-2 dapat digambarkan sebagai berikut.
1                     =  Penjaga gawang
2                     =  Back kanan
3                     =  Back kiri
4                     =  Poros haling/center back
5                     =  Poros haling/center back
6                     =  Gelandang kanan
7                     =  Gelandang tengah
8                     =  Gelandang tengah
9                     =  Gelandang kiri
10                 =  Striker
11                 =  Striker
Cara melakukan formasi 4-4-2 adalah sebagai berikut:
1)Di depan daerah pertahanan, barisan pertahanan diperkuat empat pemain lapangan tengah, yang sekaligus memungkinkan untuk mengendalikan lapangan tengah dengan lebih baik.
2)Jika dilakukan dengan cara yang benar, maka system ini hanya secara temporer memerlukan bantuan dilapangan tengah. Terobosan-terobosan sebanyak mungkin harus dilakukan dari lapangan tengah, dan langsung mengancam lawan. Dengan kata lain, pemain lapangan tengah harus mempunyai kemampuan yang sama dengan penyerang dalam mencetak gol.
3)Kedua pemain harus membuat pemain belakang lawan sibuk dan senantiasa mengancam gawang lawan. Di samping itu, mereka juga harus dapat membuka ruang bagi rekan setimnya (pemain lapangan tengah) dengan melakukan gerakan-gerakan individual seperti membawa bola, menahan bola beberapa saat dan hal-hal lainnya, seperti mengoper bola, melakukan gerak tipu dan sebagainya.
4)Perlu diingat jika “barisan kedua” pada lapangan tengah ternyata tidak berbahaya bagi gawang lawan (karena kualitas pemain lapangan tengah yang tidak mendukung), maka system ini tidak akan berhasil.
d.   Formasi 1-3-3-3
                Formasi 1-3-3-3 hampir mirip dengan formasi 4-3-3. Perbedaannya terletak pada formasi barisan pertahanan. Seorang center back tidak berdampingan, melainkan masing-masing muka-belakang. Pemain yang paling belakang pada prinsipnya tidak menjaga seorang lawanpun, tetapi membantu rekan setimnya dan melindungi daerah pertahanan. Formasi 1-3-3-3 dapat digambarkan sebagai berikut:
1                     =  Penjaga gawang
2                     =  Libero
3                     =  Back kanan
4                     =  Center back
5                     =  Back kiri
6                     =  Gelandang kanan
7                     =  Gelandang tengah
8                     =  Gelandang kiri
9                     =  Kanan luar
10                 =  Striker
11                 =  Kiri luar
Cara melakukan formasi 1-3-3-3 adalah sebagai berikut.
1)Pemain belakang tengah (center back) berada pada posisi di belakang ketiga pemain bertahan lainnya. Pemain ini biasa disebut Libero.
2)Pemain libero terkait dengantugas penjagaan tertentu. Dia merupakan pemain “bebas” yang tugasnya melapis atau membantu pertahanan dan melindungi daerah berbahaya.
3)Pemain yang berada di depan libero dapat melakukan penjagaan satu lawan satu (man to man marking). Resiko untuk dilewati atau di-lob menjadi lebih kecil karena posisi libero yang ada di belakang.
4)Dari posisinya yang “dibelakang”, seorang libero mempunyai pandangan yang luas terhadap jalannya permainan. Dengan demikian, libero bertugas mengatur dan mengendalikan seluruh lini pertahanan. Dengan posisi yang benar, maka serangan pihak lawan akan tertuju ke arah libero. Dengan mencari saat yang tepat, libero dapat melakkan tindakan yang menghambat serangan lawan.
5)Jika fungsi libero dibatasi hanya pada kegiatan pertahanan, maka system 1-3-3-3 ini berkurang sifat offensifnya. Oleh sebab itu, libero tidak harus dianggap sebagai “penyapu” (sweeper) saja, namun juga harus dapat ikut membantu serangan pada saat yang tepat. Jika hal tersebut terjadi, maka tempat yang ditinggalkan oleh libero harus diisi oleh stopper yang lain.
2.     Perwasitan dalam Sepak Bola 
a.     Syarat-syarat menjadi wasit
                Untuk menjadi wasit harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.
1)      Berbadan sehat menurut keterangan dokter (tidak berkaca mata, tidak buta warna dan penglihatan baik).
2)      Umur antara 24 sampai 40 tahun
3)      Berijazah SMA atau yang sederajat.
4)      Memahami dan melaksanakan janji wasit.
JANJI WASIT
       Saya berjanji dengan sungguh-sungguh akan memenuhi kewajiban saya sebagai wasit dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh dasar dan tujuan PSSI dan menjalankan semua peraturan PSSI/KOMDA dengan sebaik-baiknya, demi keluhuran Korp Wasit pada khususnya dan keolahragaan pada umumnya.
b.    Pakaian dan perlengkapan wasit
        1)  Baju lengan pendek atau panjang, celana pendek, kaos kaki, sepatu sepak bola. Di dada sebelah kiri dipasang badge menurut haknya dan menurut ketentuan.
        2)  Peluit diikat dipergelangan tangan.
        3)  Notes (buku kecil) dan pensil atau alat tulis yang lain.
        4)  Jam wasit, stop watch atau jam tangan.
        5)  Uang logam untuk undian.
        6)  Cadangan peluit dan pensil atau alat tulis yang lain.
        7)  Kartu merah dan kartu kuning.
c.    Kerjasama antara wasit, hakim garis, dan wasit cadangan
                Dalam memimpin suatu pertandingan, wasit dibantu oleh dua orang hakim garis. Tugas dan kewenangan yang diberikan kepadanya dimulai setelah memasuki lapangan permainan. Wasit dan hakim garis saling mengisi kekurangan, saling membantu dan bekerjasama yang baik.
                Berhasil atau tidaknya seorang wasit dalam memimpin pertandingan ditentukan dengan kemampuan kedua pembantu wasit tersebut. Wewenang dan tugas wasit dan hakim garis pada hakekatnya harus dimengerti sebagai kerjasama.
1)      Tugas seorang wasit 
a)      Menegakkan dan menjalankan peraturan.
b)      Tidak menjatuhkan hukuman pada saat-saat wasit itu yakin bahwa dengan jalan menghukum akan member keuntungan kepada regu yang melanggar.
c)       Membuat catatan jalannya permainan.
d)      Memberikan tendangan bebas langsung atau tidak langsung.
e)      Memberikan tendangan hukuman (penalty kick).
f)       Memberikan teguran (peringatan teguran/peringatan ringan), peringatan (kartu kuning) dan atau mengeluarkan pemain (kartu merah).
g)      Menhentikan permainan untuk sementara atau seterusnya.
h)      Menentukan apakah bola yang akan digunakan untuk pertandingan memenuhi syarat.
2)      Tugas hakim garis
a)      Membantu tugas wasit dengan berpegang teguh kepada peraturan-peraturan yang sudah ditentukan.
b)      Memberi isyarat kepada wasit dalam hal-hal sebagai berikut.
(1)    Bila bola di luar permainan, harus dilakukan tendangan sudut atau tendangan gawang, serta bila terjadi bola keluar melalui garis samping harus menetukan regu mana yang berhak untuk melakukan lemparan ke dalam.
(2)    Apakah pemain dalam posisi off-side
3)      Tugas wasit cadangan
a)      Menggantikan wasit atau hakim garis (bilamana ada yang berhalangan).
b)      Mengurusi pergantian pemain.
c)       Memberi isyarat wasit bila pertandingan telah selesai.
d)      Melarang official regu masuk ke dalam lapangan.
e)      Menerima isyarat dari wasit tentang nilai dan penghentian pertandingan.
f)       Memberikan pendapatnya bila diminta oleh wasit utama.



31 komentar:

  1. PROMO NEW MEMBER 20%

    Perutusan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa layanan buat awal akun permainan judi atau taruhan online untuk anda di duta judi online yang bertingkat International, sungguh dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Sbg Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man buat beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.

    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-permainan-kartu-capsa-susun-dilive-casino/
    https://agenzeus.net/langkah-mengkalkulasi-pasaran-atau-odds-permainan-sabung-ayam/
    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-baccarat-di-oriental-game/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.net

    BalasHapus
  2. PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

    DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yg merupakan agen mater taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di zeusbola.

    Sebagai Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man guna beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

    main judi pakai pulsa

    Ayo main sekarang di dewazeus.pw

    BalasHapus
  3. ===> BONUS SETIAP SABTU & MINGGU <===

    DONACOPOKER adalah web online judi kartu online Indonesia paling terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan game judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan sebagai web Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah serta menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan dapat bermain dengan para pemain dari banyak kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    pokerdonaco

    Ayo daftar sekarang di DonacoPoker.net

    BalasHapus
  4. ZeusBola Adalah Agen Judi Online Terpercaya Yang Menyediakan Berbagai Macam Promo Menarik Dan Juga Banyak Permainan Menyediakan Permainan Seperti - SABUNG AYAM LIVE, SPORTBOOKS, POKER, LIVE CASINO, SLOTS, TOGEL, TEMBAK IKAN dan Masih Banyak Permainan Lainnya Yang Dapat Anda Coba Bersama ZeusBola Untuk Menguji Keberuntungan Anda.
    Untuk Informasi Lebih Lanjut Bisa Langsung Kunjungi www.bolazeus.com

    Hubungi Kami :
    Whats Up : 081333552228

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Bandar Sabung Ayam Online Terpercaya 2019

    Agen Judi Terpercaya Yang Bisa Melakukan Top Up Melalui Via All Bank Lokal Indonesia !!!

    Support Transaksi Bandar Judi Deposit Via OVO, Bandar Judi DEPOSIT VIA PULSA, Bandar Judi Deposit Via Gopay !!

    Zeusbola Selalu Memberikan Fasilitas Mewah & Mantap Untuk Para Penggemar Taruhan Online.

    Hanya Dengan Deposit Pulsa, Gopay & OVO Sudah Bisa Bermain Dan Meraih Keuntungan Yang Besar Jutaan Rupiah Hingga Sepeda Motor !!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Whatsapp Zeusbola

    Link Alternatif ZEUSBOLA : https://zeus303.com/

    Bandar Judi Online Deposit Via OVO


    Bandar Judi Online Deposit Via Pulsa


    Bandar Judi Online Deposit Via Go Pay


    Kujungi Juga :

    https://medium.com/@shellynnita88/ 213=

    BalasHapus
  7. DEPOSIT BISA VIA PULSA TELKOMSEL!

    Perwakilan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang sediakan jasa pelayanan kepada permulaan akun permainan judi atau taruhan online pada kamu di peserta judi online yg berderajat International, valid dan terpercaya hanya di zeusbola.

    Sebagai Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man terhadap beroperasi juga sebagai juru taruhan olahraga sedunia.


    https://bolazeus.info/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
    https://bolazeus.info/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
    https://bolazeus.info/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
    https://bolazeus.info/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/

    Atau nonton basket disini :
    https://www.nontonbasket.net

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola ---> http://104.248.148.252/

    BalasHapus
  8. PokerAyam adalah Sebuah Situs Permainan Poker Online Uang Asli Dimana Anda akan diberikan fasilitas menikmati 7 game dalam 1 akun. Semua permainan yang tersedia menggunakan uang asli yang bisa dilipat menjadi berlipat ganda. Proggressive jackpot hingga ratusan juta rupiah setiap harinya.

    Poker Deposit Pulsa 2019 | IDN Poker Deposit Pulsa | Deposit Via Pulsa | QQ Deposit Pulsa

    Untuk Minimal Deposit :: Rp 10.000,-
    Untuk Minimal Withdraw :: Rp 25.000,-

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan
    Bandar Poker Online Via Pulsa Terpercaya

    Hubungi Kami
    http://165.22.51.220
    Livechat : PokerAyam
    WA : 081222221680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  9. CemePoker - Agen Poker Deposit Pulsa
    Dengan Rate Tukar Pulsa Tertinggi
    Bisa Deposit via OVO Juga
    Dapatkan Bonus Langsung Disini
    Pendaftaran : http://cemepoker.info

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552227

    DEPOSIT POKER ONLINE VIA OVO PAY

    BalasHapus
  10. Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain Donaco Poker...
    Permainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  11. Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  12. Deposit pulsa daftar poker online belakangan ini menjadi sebuah hal terpopuler di Indonesia khususnya di kalangan masyarakat yang menggemari inovasi baru di dunia perjudian.

    http://167.71.214.170/
    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    Pokervita Menerima Deposit Pulsa Rate Bersahabat
    Bonus Refferal Dari Daftar Situs Poker Online
    Deposit Pulsa Daftar Poker Online Di PokerVita Kian Mudah

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  13. Winning303 Arena Sabung Ayam Terpopuler yang menghadirkan Ayam Ras Juara dan Ras-ras Terkuat..Pertarungan yang sangat seru bakal di hadirkan disini...

    Dapatkan bonus new member 10%
    Dapatkan bonus dposit harian 5%
    Dapatkan bonus Win streak
    Dapatkan bonus Cash back Mingguan 5-10%

    Winning303 juga menyediakan permainan lain
    1. Sportbooks
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Poker Online

    Yang pastinya tidak kalah seru dengan permainan lainnya...
    cukup 1 User ID untuk semua permainan..Gak Pake Ribet...

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  14. Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
    Sabung ayam
    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  15. Dapatkan Bonus Cashback 5-10% untuk permainan LIVE CASINO yang kamu mainkan setiap Minggunya

    Ayo Gabung Dengan Kami...Gratiss!!

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam
    6. Tembak Ikan
    7. Bingo

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  16. Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!
    Dapatkan Info Freechip Terbaru Dari Donaco Poker..

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  17. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    MBO128 SITUS SLOT ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA 2021

    Daftar dan dapatkan BONUS NEW MEMBER 50% KHUSUS GAME SLOT ONLINE.
    Periode 15 - 26 Februari 2021

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus
  18. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook / SBOBET
    2. Live Casino / Baccarat live sexy
    3. Slot Online / Slot JOKER
    4. Sabung Ayam S128 / sv388
    5. Poker IG / Poker IDN POKER

    Klik ====>demo jokerslot

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,5 %
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : Winning303,me (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  19. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    👑 www,MBO128,club 👑
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    BalasHapus
  20. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    👑 www,MBO128,club 👑
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    BalasHapus
  21. Sering kalah dalam bermain permainan Pokervita?
    Terlebih tidak ada bonus apapun dalam permainan ?

    Jangan khwatir mari join bersama kami di agent Pokervita ternama

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    BalasHapus
  22. 5 Lions Gold adalah slot super dengan 243 langkah untuk mencetak kemenangan fenomenal sampai 7,342x taruhan Anda. Musuh 5 singa garang dan aktifkan ke-3 feature untuk ke arah posisi harta emas.Review Slot 5 Lions Gold Dari Pragmatic Play

    BalasHapus
  23. Kunjungi Result Togel Terupdate Saat ini

    RESULT TOGEL

    Info lengkap Silakan di add WA : 0877 8542 5244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus
  24. HOT BONUS !!!

    Dapatkan berbagai BONUS yang hanya di BOLAVITA !!

    Bolavita menyediakan berbagai macam bonus yang cukup menarik untuk Judilovers yang sangat sayang untuk dilewatkan.

    Berikut bonus-bonus yang diberikan :
    ♥ BONUS NEW MEMBER 10%
    ♥ BONUS EVERYDAY 5%
    ♥ BONUS ROLLINGAN 0.5%
    ♥ BONUS REFFERAL 10%

    Semua bonus bisa Anda dapatkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

    Dengan mendapatkan BONUS REFFERAL, tentunya Anda akan mendapatkan uang tambahan. Dengan cara daftar akun sekarang dan ajaklah teman bermain di BOLAVITA !!

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc

    #bolavita #bvgaming #bonusnewmember #Bonusdeposit #judionlineresmi #agentogelterpercaya #togelonline #judionlineresmi #bandarjuditerbaik #agenjuditerbaik #situsjuditerpercaya #situsjuditerbaik #situsjuditerbesar #kemerdekaan #17agustus2021 #67%

    BalasHapus
  25. anda pencinta permainan Poker?mau bonus rollingan harian & mingguan dalam permainan poker?

    mari join bersama kami segera GRATIS
    Info hub
    WA:0812 2222 996

    BalasHapus
  26. AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA.
    TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA
    dengan minimal deposit 25 rb
    Untuk Pulsa dimulai dari 10RB
    dan ada promo TANPA POTONGAN!

    hanya ada… di zeusbola!

    Segera Hubungi Customer Service Kami Melalui
    Whatsapp : +6282277104607


    BalasHapus
  27. Result Togel

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Daftar Slot Online Deposit Bank Syariah Indonesia - Winning303

    Winning303 Situs Judi Online Deposit Bank BPD Terpercaya 2022

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : http://165.227.54.5/register?ref=192425
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    BalasHapus