Jumat, 06 Juni 2014

BULU TANGKIS (X)

Permainan Bulu Tangkis
1.  Pengenalan
Permainan bulu tangkis merupakan salah satu andalan prestasi olahraga Indonesia. Melalui permainan ini, Indonesia dikenal sebagai salah satu Negara dengan prestasi bulu tangkis terbaik dunia.
2.  Perlengkapan Permainan Bulu Tangkis
Perlengkapan untuk bermain bulu tangkis di antaranya adalah sebagai berikut.
a.      Raket
Raket merupakan alat yang digunakan dalam permainan ini, yaitu sebagai alat pemukul shuttlecock.
 Ada tiga jenis raket, antara lain:
1)      Raket yang berat dibagian kepala. Jenis raket ini sangat cocok untuk pemain yang mempunyai karakter permainan keras dan menyerang.
2)      Raket yang berat pada bagian pegangan. Jenis ini cocok untuk pemain halus dan penuh tipuan.
3)      Raket yang seimbang berat dibagian atas dan bawah. Jenis ini digunakan untuk pemain yang mengkombinasikan antara permainan keras dan halus.
b.      Shuttlecock
Shuttlecock terbuat dari gabus berbentuk setengah bulatan yang dilapisi kulit tipis. Pada tepi gabus yang berdiameter 25-28 mm ditancapkan 14 – 16 helai bulu unggas. Berat shuttlecock antara 4,73-5,50 gram.
c.       Lapangan


3.  Teknik Permainan Bulu Tangkis
Teknik dasar permainan bulu tangkis yaitu cara memegang raket (grip), cara mengatur kaki (footwork), dan teknik pukulan.
a.      Cara memegang raket
Ada empat cara memegang raket, yaiti sebagai berikut.
1)      Cara memegang shake hand (forehand grip)
Posisi tangan seperti sedang berjabat tangan. Lantai tegak lurus dengan raket, senar menghadap kedua sisi kanan dan kiri.
2)      Cara memegang gebukan kasur (American/panhandle grip)
Dilakukan dengan cara menyerupai pada saat memegang gebukan kasur. Saat dipegang, permukaan raket sejajar dengan permukaan lantai. Saat raket yang tergeletak di lantai diambil, itulah pegangan gebukan kasur. Pegangan ini agak lemah saat melakukan pukulan backhand.
3)      Cara memegang backhand grip
Dilakukan dengan posisi ibu jari menekan pada bagian pegangan yang lebih luas dan sejajar dengan permukaan raket tangan, dan jari-jari lain melingkar pada pegangan raket. Tumpuan pegangan terletak pada ibu jari.
4)      Cara memegang kombinasi/campuran
Dilakukan dengan mengkombinasikan dari beberapa bentuk pegangan tadi, dengan cara mengubah-ubah posisi jari telunjuk dan ibu jari, disesuaikan dengan arah dan jenis pukulan.
b.      Cara mengatur kaki (foot work)
Penguasaan gerak footwork merupakan factor penting dalam mendukung keberhasilan teknik pukulan. Tanpa footwork yang bagus, seseorang tidak dapat melakukan pukulan yang sempurna. Walau dalam teknik dasar pukulannya mumpuni, kaki berfungsi sebagai penyangga untuk tubuh untuk menempatkan badan dalam posisiyang memungkinkan untuk melakukan gerak pukulan dengan baik dan benar.
Prinsip dasar footwork bagi pemain yang menggunakan pegangan kanan adalah kaki kanan selalu berada di akhir  langkah pada saat memukul shuttlecock. Dengan kemampuan footwork yang bagus, pemain dapat bergerak efektif dan efisien ke semua bagian lapangan permainan.
Hal yang harus diperhatikan adalah jangan bergerak pada saat lawan sedang melakukan pukulan. Posisi siap merupakan posisi dasar sebelum melakukan pergerakan.
Posisi siap dilakukan dengan cara sebagai berikut.
1)      Berdiri dengan kaki sejajar
2)      Lutut sedikit menekuk, berat badan pada telapak kaki bagian depan.
3)      Raket mengarah ke atas.
Ada enam “dasar dasar” yang wajib dikuasai seorang pemain bulutangkis, yaitu sebagai berikut.
1)      Pergerakan ke kiri muka: untuk melakukan pukulan underhand backhand net (drop) atau clear.
2)      Pergerakan ke kanan muka: untuk melakukan pukulan underhand forehand net (drop) atau clear.
3)      Pergerakan ke samping kiri: untuk mengembalikan pukulan smash atau drive pada sisi backhand
4)      Pergerakan ke samping kanan: untuk mengembalikan pukulan smash atau drive pada sisi forehand.
5)      Pergerakan ke kanan belakang: untuk melakukan pukulan overhead forehand.
6)      Pergerakan ke kiri belakang untuk melakukan pukulan backhand.
c.       Teknik pukulan
Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan dengan maksud menerbangkan shuttlecock melewati net ke daerah permainan lawan. Tujuannya adalah untuk mencegah shuttlecock jatuh di lapangan sendiri, tetapi agar shuttlecock dapat diarahkan dan jatuh di lapangan permainan lawan.
Teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis sangat beragam, hal yang membedakan jenis pukulannya itu sendiri adalah arah datangnya shuttlecock dan gerakan tangan yang dilakukan dengan maksud dan tujuan tadi.
Teknik dasar pukulan permainan bulu tangkis adalah sebagai berikut.
1)      Pukulan servis
Pukulan servis merupakan pukulan pertama untuk mengawali permainan. Pukulan servis dapat dilakukan dengan forehand maupun backhand. Jenis servis dapat dibedakan sebagai berikut:
a)      Servis pendek (short service)
b)      Servis panjang (lob service)
c)       Servis drive (drive service)
d)      Servis cambuk (flick service)
2)       Pukulan lob (clear)
Pukulan lob adalah pukulan dengan tujuan menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin dan mengarah jauh ke daerah permainan lawan bagian belakang.
Ada 2 macam lob, yaitu overhead lob dan forehand lob. Overhead lob adalah pukulan yang dilakukan dari atas kepala dengan cara memukul shuttlecock melambung ke daerah permainan lawan bagian belakang. Forehand lob adalah pukulan lob yang dilakukan dari bawah dan dilambungkan  tinggi melambung ke daerah permainan lawan bagian belakang.
3)      Pukulan mendatar (drive)
Drive adalah pukulan secara mendatar. Ketinggian shuttlecock menyusur di atas net dan lintasannya sejajar dengan lantai. Pukulan ini dilakukan dengan posisi tangan sedikit di atas pinggang dan di samping depan badan.
4)      Pukulan drop (dropshot)
Pukulan drop adalah pukulan yang dilakukan pada bola melambung dengan cara mengecoh lawan dengan menempatkan shuttlecock di dearah depan permainan lawan.
Tahap persiapannya adalah seperti akan melakukan pukulan lob, tetapi merupakan pukulan yang mengecoh dengan tenaga halus dan shuttlecock dijatuhkan sedekat mungkin dengan net di daerah permainan lawan.
5)      Pukulan smash
Pukulan smash adalah pukulan serangan yang dilakukan dengan cara memukul bola keras dan menukik untuk mematikan lawan. Pukulan dilakukan pada shuttlecock yang melambung tinggi dan pada bola yang tanggung.

Permainan bulu tangkis adalah bentuk permainan antara 2 orang/regu yang berlawanan yang dibatasi oleh sebuah net. Permainan diawali dengan servis dilanjutkan dengan berbagai teknik pukulan forehand dan backhand dari mulai drive, lob, clear, smash, dropshot, netting untuk menjatuhkan shuttlecock di lapangan permainan lawan.
4.     Variasi Teknik Pukulan dan Taktik Permainan
Setelah anda berhasil menguasai cara memegang raket, menguasai footwork, dan seluruh teknik dasar (basic stroke) dengan baik, selanjutnya dapat membuat variasi pukulan. Anda dapat mengembalikan setiap pukulan yang diberkan oleh lawan mainnya dengan pukullan yang berbeda-beda sesuai dengan arah dan kecepatan shuttlecock yang datang. Selain itu juga, dalam satu jenis posisi dan arah datang shuttlecock, andda dapat melakukan beberapa pilihan pukulan.
Misalnya pukulan overhead, selain lob dengan sedikit mengubah grip dan arah raket/putaran raket, bisa melakukan pada posisi underhand yang baik, selain melakukan netting bisa juga melakukan flick. Penguasaan pukulan dasar dan variasi akan terasa sekali manfaatnya pada saat mulai bermain dalam game (hitungan). Berpikirlah menggunakan taktik apa agar bisa mematikan lawan dan memenangkan pertandingan.
a.      Permainan tunggal
Pada permainan tunggal, bisa dikatakan berada di atas angin apabila selalu bisa:
1)      Melakukan pukulan dengan posisi selalu berada di belakang bola.
2)      Sudah berada di tengah lapangan sebelum lawan memukul bola.
3)      Sebaliknya berusaha untuk cepat berada pada posisi memukul sebelum lawan kembali ke tengah. Dalam posisi ini artinya siap melakukan serangan yang mematikan.
Untuk bisa melakukan ketiga hal di atas, pemain harus memiliki footwork yang teratur dan cepat. Dan gerakan-gerakan yang cepat itu bisa berlangsung untuk jangka waktu lama maka diperlukan stamina yang memadai. Karenanya footwork yang cepat, teratur, dan stamina yang kuat menjadi factor yang dominan diperlukan seorang pemain tunggal.
b.      Permainan ganda
Permainan ganda memiliki tuntutan yang agak berbeda dengan tunggal. Seorang pemain yang footwork-nya kurang baik tetapi memiliki kecepatan dan reflek pukulan serta power yang besar, bisa menjadi pemain ganda yang baik. Walaupun penguasaan pukulan dasarnya sama dengan tunggal, akan tetapi seorang pemain tunggal yang lebaik belum tentu bisa menjadi pemain ganda yang baik. Karena permainan ganda memiliki jenis pukulan yang khusus. Pukulan cepat seperti drive, smash, return smash, serve, dan wiping (menyapu) adalah jenis pukulan yang wajib dan harus dikuasai dengan terampil. Dalam permainan ganda ada filosofi yang berbunyi”siapa yang bisa menyerang lebih dahulu dia akan menang”. Filosofi ini rata-rata dipegang oleh setiap pemain ganda. Ini terlihat dalam karakter permainan ganda sekarang ini yang menganggap bahwa pertahanan yang baik adalah dengan menyerang. Selain itu ganda adalah permainan yang mengandalkan kerja sama. Pukulan harus dirancang, kemudian mematikan lawan dengan pukulan hasil kerja sama.

5.           Peraturan Permainan Bulu Tangkis
a.       Pemain
1)      Pemain adalah semua orang yang melakukan permainan atau pertandingan.
2)      Pemain bulu tangkis hanya dimainkan oleh masing-masing satu pemain di satu sisi lapangan (permainan tunggal) atau masing-masing dua pemain di satu sisi (permainan ganda).
3)      Sisi lapangan tim yang berdiri di dalamnya mendapat giliran melakukan servis dinamakan sisi dalam (inside), sedangkan sisi yang timnya menerima servis dinamakan sisi luar (outside).
b.      Pengundian
Sebelum pertandingan dimulai, wasit memanggil kedua tim yang berlawanan untuk mengundi siapa yang berhak:
1)      Melakukan servis pertama
2)      Memilih sisi lapangan bagi timnya untuk memulai permainan.
Pada umumnya, pengundian dilakukan dengan melempar koin. Tim yag berhasil menebak sisi yang keluar (sisi yang menghadap ke atas) dengan benar, diberi kesempatan untuk melakukan pilihan apakah memilih melakukan servis permulaan ataukah memilih sisi lapangan.
c.       Penilaian
1)      Setiap pertandingan (baik ganda atau pun tunggal) terdiri atas 21 angka. Bila kedua belah pihak telah mencapai angka 20 sama, maka diperlukan selisih 2 angka untuk menetukan pemenangnya, tetapi jika sampai dengan angka 29  kedua tim belum memiliki selisih 2 angka (atau kedua tim telah mencapai angka 29 sama), tim yang lebih dulu mencapai angka 30 ditetapkan sebagai pemenang.
2)      Kedua belah pihak yang bertanding akan memainkan 3 pertandingan untuk menentukan siapa yang terbaik (the best of three): pemain yang lebih dahulu memenangkan 2 pertandingan (2 games) dinyatakan sebagai pemenang. Pemain akan bertukar sisi lapangan pada setiap akhir suatu game dan akan dimulai game berikutnya. Pada game ketiga, pemain juga akan berpindah lapangan pada saat nilai akhir mencapai angka 11. Bila telah diizinkan untuk hanya memainkan satu pertandingan (1 game), pemain harus berpindah sisi tempat di lapangan seperti disebutkan dalam pertandingan (game) ketiga tadi. Jika kaena kelalaian, pemain lupa berganti temapt seperti yang telah ditetapkan, maka pada saat kesalahan ini disadari. Pemain akan langsung berganti tempat dan nilai yang telah dicapai tetap berlaku.
Octagon: C

Kerja Sama dalam Permainan Bulu Tangkis Nomor Ganda
Kerja sama yang dilakukan dalam permainan bulu tangkis nomor ganda adalah berbagi tugas dalam melakukan serangan ataupun pertahanan. Menhetahui posisi yang harus diterapkan bersama sangatlah penting dalam permainan. Pada saat Anda dan pasangan Anda sedang dalam posisi menyerang, maka Anda dan pasangan Anda harus berdiri satu garis ke belakang, satu didepan dan satu dibelakang. Satu pemain bersiap melakukan serangan/smash, kemudian satu pemain bersiap melakukan pukulan dari pengembalian dari lawan.
Saat melakukan permainan penempatan cock yang sulit dikembalikan lawan akan memperkuat permainan kita. Hal lain yang harus dilakukan adalah jangan member kesempatan lawan untuk menyerang sehingga kesempatan mematikan cock di daerah kita semakin kecil. Kemudian, pada saat bertahan kedua pemain sudah paham untuk mengatur posisi sejajar, di kiri dan kanan lapangan.
Dengan kerja sama yang baik dan kompak, membuat lawan kesulitan mengembangkan permainannya dan memudahkan pasangan kita memenangi permainan.

Dapatkah anda menerapkan sikap kerja sama dalam permainan ini? Cobalah dengan memahami dahulu bentuk permainan pasangan kita, tentu akan memudahkan kerja sama selanjutnya. 


1 komentar:

  1. * KUNJUNGI SITUS KAMI DI *

    WWW.ID303.INFO


    MENANG BERAPAPUN, PASTI KAMI BAYAR !!! *


    * Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop :

    - WA : 08125522303
    - BBM : CSID303



    S128 Sabung Ayam SV388


    Agen Judi Bola Sbobet


    www.bakarayam.info

    BalasHapus