Selasa, 11 Oktober 2011

Lari Estafet Kelas xi

AKTIVITAS ATLETIK
A.LARI SAMBUNG
           Lari sambung atau lari estafet adalah salah satu nomor lomba lari pada perlomban atletik yang dilaksanakan secara bergantian. Dalam satu regu lari sambung terdapat empat orang pelari, yaitu pelari, pertama, kedua, ketiga dan keempat. Pada nomor lari sambung ada kekhususan yang tiak akan dijumpai pada nomor lari yang lain, yaitu memindahkan tongkat sambil berlari cepat dari pelari pertama kepada pelari berikutnya.
          Nomor lari sambung yang sering diperlombakan adalah nomor 4 X 100 meter dan nomor 4 X 400 meter. Dalam melakukan lari sambubg bukan teknik lari saja yang perlu diperhatikan tetapi pemberian dan menerima tongkat di zona (daerah) pergantian serta penyesuaian jarak dan kecepatan dari setiap pelari.
1.Latihan Teknik Lari Sambung
          Terdapat beberapa cara dalam pemberian tongkat estafet dari pelari satu kepada pelari berikutnya. Secara garis besar, pergantian tongkat estafet itu ada dua macam, yaitu dengan melihat (visual) dan tanpa melihat (non-visual).
a)Latihan Teknik Penerimaan Tongkat
1)Keterampilan Teknik Penerimaan Tongkat dengan Cara Melihat
   Pelari yang menerima tongkat melakukannya dengan berlari sambil menolehkan kepala untuk melihat tongkat yang diberikan oleh pelari sebelumnya. Penerimaan tongkat dengan cara melihat biasanya dilakukan pada 4 X 400 meter.
2)Keterampilan Teknik Penerimaan Tongkat Estafet dengan Cara Tidak Melihat
                Pelari yang menerima tongkat melakukannya dengan berlari tanpa melihat tongkat yang akan diterimanya. Cara ini lebih sulit daripada dengan cara melihat. Dalam pelaksanaannya antara penerima dan pemberi perlu melakukan latihan yang lebih lama melalui pendekatan yang tepat. Cara penerimaan tongkat tanpa melihat biasanya digunakan dalam lari sambung 4 X 100 meter.
b.     Latihan Teknik Pemberian dan Peneriman Tongkat estafet
                Prinsip lari sambung adalah berusaha membawa tongkat secepat-cepatnya yang dilakukan dengan memberi dan menerima tongkat dari satu pelari kepada pelari lainnya. Agar dapat melakukan teknik tersebut, pelari harus menguasai keteampilan gerak lari dan keterampilan member serta menerima tongkat yang dibawanya.
1)      Keterampilan teknik pemberian da penerimaan tongkat estafet dari bawah
Teknik ini dilakukan dengan cara pelari membawa tongkat dengan tangan kiri. Sambil berlari pelari akan memberikan tongkat tersebut dengan tangan kiri. Saat akan member tongkat, ayunkan tongkat dari belakang ke depan melalui bawah. Sementara itu, tangan penerima telah siap dibelakang dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Ibu jari terbuka lebar, sementara jari-jari tangan lainnya dirapatkan. Tangan penerima berada di bawah pinggang.
2)      Keterampilan teknik pemberian dan penerimaan tongkat estafet dari atas
Pada teknik pemberian tongkat dari atas, pemberian da penerimaan tongkat dilakukan pada bagian tangan yang sama. Apabila pemberi melakukannya dengan tangan tangan kiri, penerima akan melakukannya dengan tangan kiri pula.
2.    Daerah Pergantian Tongkat
                Cara menempatkan antara pelari-pelari adalah sebagai berikut:
a)      Pelari ke-1 ditempatkan di daerah start pertama dengan lintasan ditikungan
b)      Pelari ke-2 ditempatkan di daerah start kedua dengan lintasan lurus
c)       Pelari ke-3 ditmpatkan di daerah start ketiga dengan lintasan di tikungan
d)      Pelari ke-4 ditempatkan di daerah start keempat dengan lintasan lurus dan berakhir di garis finish
a.       Bidang pergantian tongkat estafet
b.      Teknik menerima tongkat estafet
c.       Latihan member dan menerima tongkat estafet dalam bentuk perlombaan
1)      Tujuan:  melatih kerjasama dalam ketepatan dan kecepatan berlari, sehingga hasil akhir dapat tercapai dengan baik.
2)      Cara melakukannya:
a)      Buatlah beberapa regu estafet (masing-masing terdiri atas 4 pelari) dan ditempatkan masing-masing pelari dengan jarak 100 meter.
b)      Setelah ada aba-aba “bersiap”, segera pelari pertama menempatkan posisinya (sikap start jogkok).
c)       Setelah ada aba-aba “ya”, pelari tersebut berlari secepat-cepatnya menuju pelari kedua yang sudah  bersiap untuk menerima tongkat.
d)      Setelah keempat pelari menyelesaikan tugasnya dan pelari terakhir (keempat) masuk ke garis finis tapa membeuat kesalahan, maka regu yang tiba di garis finis pertama keluar sebagai pemenangnya.
3)      Hal-hal yang harus diperhatikan dalam lari estafet
a.       Pemberian tongkat sebaiknya secara bersilang, yaitu pelari 1 dan 3 memegang tongkat pada tangan kanan, sedangkan pelari 2 dan 4 menerima/memegang tongkat pada tangan kiri.
b.      Penempata pelari hendaknya disesuaikan dengan keistimewaan dari masing-masing pelari. Misalnya pelari 1 dan 3 dipilh yang benar-benar dalam tikungan. Pellari 2 dan 4 merupakan pelari yang mempunyai daya tahan yang baik.
c.       Jarak penantian pelari 2, 3 dan 4 harus benar-benar diukur dengan tepat seperti pada waktu latihan.
d.      Setelah memberikan tongat estafet jangan segera keluar dari lintasan masing-masing.
4)      Peraturan perlombaan
a.       Panjang daerah pergantian tongkat estafet adalah 20 meter, lebar 1, 20 meter dan bagi pelari estafet 4 X 100 meter ditambah pra-zona. Pra-zona adalah suatu daerah dimana pelari yang akan berangkat dapat mempercepat larinya, tetapi disini tidak terjadi pergantian tongkat.
b.      Setiap pelari harus tetap tinggal dijalur lintasan masing-masing, sudah memberikan tongkatnya kepada pelari berikutnya. Apabila saat ini tongkat itu terjatuh, maka pelari yang menjatuhkannya harus mengambilnya.
c.       Tongkat estafet harus berongga, panjang 28 – 30 cm, diameter garis tengah 38 mm dan beratnya 50 gram.
d.      Dalam lari estafet, pelari pertama pada lintasannya masing-masing sampai tikungan pertama, kemudian boleh masuk ke lintasan dalam, pelari ketiga dan keempat menunggu di daerah pergantian secara berurutan sesuai dengan kedatangan pelari seregunya.

1 komentar:

  1. AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA.
    TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA
    dengan minimal deposit 25 rb
    Untuk Pulsa dimulai dari 10RB
    dan ada promo TANPA POTONGAN!

    hanya ada… di zeusbola!

    Segera Hubungi Customer Service Kami Melalui
    Whatsapp : +6282277104607


    BalasHapus