Selasa, 27 September 2011

Lompat Jauh

Lompat jauh adalah suatu gerak lompatan untuk mencapai jarak sejauh mungkin. Lompat jauh termasuk dalam kategori lintasan dan lapangan (track and field) .
Pada lompat jauh sangat diperlukan perpaduan yang baik antara kecepatan (speed), kekuatan (strenght), kelenturan (flexibility), daya tahan (endurance), ketepatan (accuration) Teknik Dasar Lompat Jauh a) Awalan / ancang-ancang Ancang-ancang bertujuan untuk mendapatkan kecepatan maksimal saat menolak. Panjang ancang -ancang disesuaikan dengan kemampuan berakselerasi dan panjang jangkauan kaki. Selain itu perlu diperhitungkan junlah langkah agar saat menumpu kaki tumpuan berada dekat dengan balok tumpuan. Usahakan saat ancang- ancang kecepatan dapat dipertahankanterus meningkat. b) Menumpu Merupakan suatu gerakan yang penting untuk menentukan hasil lompatan yang sempurrna. Pada saat menumpu terjadi perubahan arah gerak dari kedepan menjadi agak condong keatas, oleh karena itu diperlukan kaki yang kuat. Tumpuan juga harus cepat dan efektif keseimbangan badan dijaga agar tidak oleng / goyang. Berat badan sedikit di depan titik tumpu, gerakan kaki menelapak dari tumit ke ujung kaki, dengan tempo yang cepat. Lengan diayunkan ke depan untuk membantu memberi gaya tarik. c) Melayang Keseimbangan perlu di jaga saat melayang. Tedapat 2 teknik yang umum dipakai saat melayang. 1. Melayang dengan sikap jongkok.Kaki ayun mengangkat lutut setinggi-tingginya dan disusul oleh kaki tumpu. Kedua kaki
kemudian diarahkan kedepan sebelum.2. Melayang dengan sikap bergantung Kaki tumpu dibiarkan tergantung lurus. badan tegak kemudian disusul oleh kaki tumpu dengan sikap lutut ditekuk sambil pinggul didorong ke depan yang kemudian ke-dua lengan direntangkan ke atas. Keseimbangan badan perlu diperhatikan agar tetap tepelihara hingga mendarat. d) Mendarat Pendaratan dilakukan dengan kedua kaki bersamaan. Pinggul didorong kedepan untuk menghindari badan jatuh kebelakkang yang dapat merugikan atlet. Karena jarak lompatan dihitung dari balok tumpuan ke titik terdekat diman tubuh atlet menyentuh pasir/tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar